Billie.id – Shopee PayLater adalah golongan layanan khusus yang diberikan Shopee kepada penggunanya. Jika memanfaatkan layanan ini, maka proses pembayar tidak harus langsung dilakukan. Namun, bagaimana kondisi Shopee PayLater jika tidak digunakan dan dibiarkan saja?
Pastinya pertanyaan semacam ini sempat muncul di benak pengguna Shopee. Jika penasaran dengan jawabannya, maka harus tahu dulu ulasan lengkapnya. Selain itu, akan dijelaskan pula cara menonaktifkan layanan ini. Berikut penjelasan lengkapnya:
Bagaimana Jika Shopee PayLater Tidak Digunakan?
Apabila penasaran dengan kondisi Shopee PayLater jika tidak digunakan, maka harus memahami uraian berikut. Secara khusus, Shopee PayLater yang tidak dimanfaatkan tidak akan memberikan tagihan apapun kepada penggunanya selama penggunaan Shopee dilakukan.
Jadi, asal tidak ada indikasi penggunaan PayLater-nya maka pihak Shopee tidak akan membebankan tagihan kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna yang tidak menggunakan atau memanfaatkan PayLater di Shopee tidak harus takut atau was-was dengan kondisi apapun.
Hal ini tentunya akan membuat pengguna Shopee tidak memiliki beban apapun karena tidak harus melunasi biaya pembelian barang. Jika tidak digunakan, maka akan lebih mudah penggunaan Shopee-nya. Oleh sebab itu, menonaktifkan layanan ini akan sangat disarankan.
Cara Menonaktifkan Shopee PayLater
Shopee PayLater jika tidak digunakan maka akan lebih baik untuk dinonaktifkan. Secara khusus, ada beberapa langkah utama untuk menonaktifkan layanan yang satu ini. Penasaran bagaimana cara menonaktifkan layanan ini? Simak penjabarannya di bagian bawah ini:
1. Buka Shopee dan Konfirmasi Penghapusan
Langkah pertama yang bisa diterapkan adalah dengan membuka aplikasi Shopee. Urutan langkah pertama ini tentunya harus dilakukan agar prosesnya bisa dilanjutkan. Kemudian, pengguna bisa masuk ke menu “Saya” dan “Pengaturan Akun” untuk melanjutkannya.
Jika sudah, masuk ke bagian “Ajukan Penghapusan Akun”. Nantinya, akan ada kolom konfirmasi yang akan muncul. Baca bagian konfirmasi penghapusan ini secara menyeluruh. Kemudian, pencet tombol “Ok” untuk melanjutkan proses yang dibutuhkan ke langkah lainnya.
2. Baca Informasi Penting dan Ambil Kode
Saat ada informasi penting yang muncul, pastikan untuk membacanya secara menyeluruh tanpa ada yang terlewat. Pada bagian ini, akan ada berbagai isi yang harus dipahami. Jika semua sudah dibaca dengan baik, maka lanjutkan dengan memencet tombol “Lanjut”.
Setelah proses ini dilakukan, maka pengguna hanya harus menunggu sampai kode verifikasi dikirimkan oleh pihak Shopee lewat SMS. Jika sudah dikirim, maka salin kode verifikasinya dan masukkan di kolom yang tersedia di aplikasi Shopee.
3. Masukkan Alasan Penghapusan Akun
Jika sudah, masukkan alasan akun dihapus. Sebenarnya, pihak Shopee sudah menyediakan beberapa pilihan yang bisa dipilih secara langsung. Ada tiga pilihan utama yang bisa dipilih pengguna. Pastikan saja untuk memilih yang paling sesuai dengan keadaan nyata.
Apabila pengguna tidak memilih bagian ini, maka proses lainnya tidak akan bisa dilanjutkan. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan baik alasan penghapusan akun ini. Jika sudah selesai, maka pencet tombol “Lanjut” yang sudah tersedia.
4. Masukkan Alamat Email
Terakhir, pengguna bisa memasukkan alamat email yang masih dipakai. Kemudian jika muncul kolom syarat, baca terlebih dahulu dan centang kotaknya. Untuk mengakhiri prosesnya, pencet saja tombol “Kirimkan” yang sudah tersedia untuk dimanfaatkan.
Semua penjelasan mengenai kondisi Shopee PayLater jika tidak digunakan di atas tentunya bisa langsung dipahami. Selain itu, metode untuk menonaktifkan layanan ini juga sudah diberikan. Dengan demikian, pengguna bisa langsung memahami semua penjabarannya secara menyeluruh.